Kamis, 23 Oktober 2014

Siswa KPTH Laksanakan Terbang Jarak Jauh

      

YUSUF ADJI/"PRLM"
YUSUF ADJI/"PRLM"
BEBERAPA penerbang sedang melakukan persiapan untuk terbang Navigasi jarak jauh bagi siswa KTPH angkatan 17 di Skadron 7 Lanud Suryadarma Kalijati Kabupaten Subang, Kamis (23/10/2014). Siswa KTPH bersama rombongan melakukan terbang NJJ dari Lanud Suryadarma ke Lanud Ngurah Rai Bali.*

SUBANG, (PRLM).- Setelah menyelesaikan terbang malam beberapa hari lalu, penerbang siswa Kursus Pengenalan Terbang Helikopter (KPTH) angkatan 17 Skadron Udara 7, Kamis (23/10/2014) melaksanakan terbang Navigasi Jarak Jauh (NJJ) ke Lanud Ngurah Rai Provinsi Bali.
Penerbangan navigasi jarak jauh menggunakan pesawat EC 120 Colibri tersebut merupakan tahap akhir bagi peserta Kursus Pengenalan Terbang Helikopter (KPTH).
Rombongan terbang dari Lanud Suryadarma Kalijati Kabupaten Subang menuju Lanud Ngurah Rai Bali, dipimpin Dan Skadron Udara 7, Letkol Pnb Tubagus Hasan dengan penerbang lainnya, yaitu Mayor Pnb Lucky Idrawan, Mayor Pnb Irdhian Krisnayogi, Kapten Pnb Taufik Hidayat bersama sembilan orang Siswa serta didukung beberapa teknisi.
Tubagus mengatakan pelaksanaan NJJ ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan peserta, dan mempraktekan semua ilmu yang meraka peroleh di Sekbang. Nantinya, apa yang mereka ikuti disini sebagai pengenalan medan sekaligus pengalaman untuk bekal operasi setelah lulus. "Dalam terbang navigasi akan dipelajari bagaimana cuaca, trapic, geografis dan situasi aerodrom yang akan dituju dengan segala aspeknya," katanya.
Menurutnya, Lanud Ngurah Rai lokasinya berada di Bandara Internasional situasinya termasuk jalur sibuk. Namun hal tersebut tidak masalah bagi para siswa. Sebab semuanya sudah dipelajari, dikoordinasikan dengan semua jalur penerbangan serta sudah ada yang ngatur. “Jadi tidak masalah, paling penting semua siswa bisa mempraktekan apa yang diajarkan instruktur dan memahami aturan penerbangan yang berlaku di tiap-tiap pangkalan,” ujarnya.
Tubagus mengatakan pula selama kegiatan KPTH angkatan 17 berlangsung lancar, tidak banyak mengalami hambatan berarti. Beberapa kendala yang dihadapi seperti kesiapan instruktur karena ada sebagian yang harus bertugas standby SAR di beberapa Lanud. Demikian pula dengan kesiapan pesawat untuk latihan terbang siswa KPTH berkurang karena ada yang berada di luar Skadron Udara 7.
"Solusinya sebagian intruktur mengambil dari Lanud Adi Sucipto, dan mengoptimalkan pesawat yang ada dengan mengintesifkan pemeliharaan agar pesawat selalu siap," ungkapnya.
Sementara Danlanud Suryadarma Kalijati Subang, Tahyodi melalui Kapentak Mayor Sus Muslihudin menjelaskan rute penerbangan yang ditempuh NJJ yaitu dimulai dari Lanud Suryadarma menuju Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, dilanjutkan ke Lanud Adi Sucipto, Jogjakarta, dan Lanud Abd Saleh Malang (RON).
Setelah itu keesokan harinya, Jumat (24/10/2014) rombongan melanjutkan penerbangan dari Lanud Abd Saleh menuju Lanud Ngurah Rai Bali. Kemudian mereka akan kembali lagi menempuh rute, Ngurah Rai – Pangkalan TNI AL Juanda, Lanud Adi Sucipto (RON), Lanud Sukani dan berakhir di Lanud Suryadarma Kalijati lagi.(Yusuf Adji/A-147)***
[pikiranrakyat]
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar