Kamis, 23 Oktober 2014

Kemarau Panjang, Produksi Ikan Asin Meningkat

Posted on by in , with 0 Comments

ikan asin
SUBANG,TVBERITA.COM- Musim kemarau memang waktu yang sangat dinanti-nanti oleh para pengrajin ikan asin di Dusun Tanjung Laut, Desa Muara, Kecamatan Blanakan Subang. Pasalnya, musim kemarau bagi para pengrajin ikan asin di Desa Muara Blanakan justru sangat memberikan keuntungan tersendiri bagi penggolah ikan asin.
 
Sementara permintaan pembeli menurun. Wati, salah seorang pedagang daging ayam potong di pasar tradisional Pamanukan mengatakan, sejak awal bulan Oktober harga ayam potong terus mengalami penurunan. “Saat ini harganya sekitar Rp 18 ribu, padahal sebulan lalu harganya masih Rp 24 ribu,” kata Wati kepada TVBERITA.COM (Group TVBerita,com), Rabu (22/10).
Dikatakan, turunnya harga daging ayam ini karena permintaan berkurang, sementara pasokan bertambah. “Sehingga harganya anjlok dan jika permintaan terus berkurang maka semakin anjlok,” katanya.
Kendati harga turun, kata Wati, namun daya beli masyarakat untuk konsumsi rumah tangga masih tetap minim. “Saat ini, para pedagang hanya bisa menjual ayam skala besar kepada warga yang akan melaksanakan hajatan,” jelasnya.
Sebab, kata Wati, sejak memasuki bulan Dzulhijah, permintaan ayam potong untuk kebutuhan hajatan sangat tinggi. Sememntar untuk kebutuhan rumah tangga menurun walaupun harga ayam sedang murah.
Salah seorang pembeli, Endang Wahyuni mengatakan, dia selaku ibu rumah tangga berharap harga daging ayam yang berangsur turun ini bisa bertahan dan tidak naik lagi karena mempengaruhi daya beli masyarakat.
Berdasarkan pantauan TVBERITA.COM di beberapa pasar yang ada di wilayah Pantura Subang, umumnya harga ayam potong menurun dikisaran harga Rp18 – 20 ribu per kilogram.
(ahy)
[tvberita]
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar